Friday 30 September 2016

Lorelei, Legenda di Sungai Rhine

Lorelei sebenarnya adalah nama sebuah batu di bukit Taunus wilayah St. ghoarshausen. kata lorelei terdiri dari dua suku kata, yaitu 'lureln' dan 'ley'. lureln sendiri adalah ejaan lama jerman yang kalau di terjemahin dalam bahasa Indonesia artinya berbisik, sementara ley berarti cadas, atau, batu. jadi lorelei dalam bahasa Indonesia artinya batu berbisik.
Image result for lorelei
Batu Lorelei
Konon katanya, jaman dulu sering terlihat seorang gadis cantik yang duduk di batu tadi. Gadis itu patah hati karena pacarnya tak kunjung kembali. Gadis cantik itu duduk bersenandung sambil membelai rambut keemasannya. dan pada akhirnya 'katanya' itu gadis lompat dari batu itu ke bawah.
Nyanyian gadis itu masih menggema walau sang gadis udah mati. dan lagi-lagi 'katanya' nyanyian dan penampakan gadis itulah yang menyebabkan sering terjadinya kecelakaan kapal laut, dan tenggelam di bagian aliran sungai ini.
Image result for lorelei myth
Sebenernya ada banyak versi dari si Lorelei ini, ada yang bilang dia berwujud putri duyung, ada juga yang bilang dia itu peri.

Perlu di ketahui, di bawah batu lorelei ini, mengalir sebuah sungai bernama sungai rhine, atau rhein (jerman), atau rijn (belanda). sungai rhein merupakan nadi transportasi di jerman. banyak kapal2 besar yang lalu lalang di sungai ini. Jadi jangan heran kalau banyak kapal yang tenggelem, soalnya ini sungai emang urat nadinya jerman.
Image result for kecelakaan kapal sungai rhine 2011
kecelakaan kapal di sungai rhine

0 comments:

Post a Comment