Friday 28 October 2016

Fenomena UFO pada Karya Seni Abad Pertengahan

Telah kita ketahui bahwa para penganut teori Ancient Alien percaya dengan kunjungan alien pada masa lampau. Walaupun terdengar tidak masuk akal, tetapi teori ini mendapat perhatian yang cukup luas, apalagi setelah History Channel ikut membahas mereka dalam tayangan mereka. Menariknya, bagi mereka yang mendedikasikan diri untuk menemukan bukti tentang kunjungan alien di masa lampau sepertinya telah menemukan bukti yang tidak terbantahkan dalam berbagai karya seni pada abad pertengahan.

Postingan ini bukan untuk membahas masalah keagamaan, tetapi lebih sebagai bantahan atas isu-isu mengenai UFO yang beredar.

UFO, alien, dan karya seni Eropa abad pertengahan, disini kita bisa lihat bagaimana ke-kurangpengetahuan seseorang dapat membawanya dalam persepsi yang salah. Ya, jika kita melihat sesuatu secara tidak utuh, maka akan menuntun kita untuk mengambil kesimpulan yang salah.

Image result for visoki decani fresco
Gambar di atas adalah fresco tentang penyaliban Yesus yang dibuat pada abad ke-14, dapat dilihat di biara Visoki Decani di Kosovo. Adakah yang aneh? Coba lihat dua objek di sudut kiri dan kanan atas, kedua objek tersebut terlihat seperti seorang manusia yang mengendarai wahana angkasa. Kehebohan atas kedua objek ini dimulai sejak tahun 1960-an, dan sejak saat itu gambar fresco ini banyak dimuat di situs-situs UFO di dunia maya.
Image result for visoki decani frescoImage result for visoki decani fresco
Dalam pemikiran kita yang penuh imajinasi tentu saja tidak akan menyangkal bahwa gambar tersebut adalah manusia yang sedang mengendarai kendaraan terbang. Tapi pertanyaannya adalah, bagaimana mungkin orang di abad ke-14 mendapatkan pemikiran mengenai kendaraan terbang yang baru ditemukan di abad ke-20? Ataukah mereka diinspirasi oleh makhluk cerdas planet lain? Ternyata bukan, lalu objek apakah itu?

Kedua objek tersebut adalah simbol matahari dan bulan yang biasa ditemukan pada karya seni abad pertengahan, terutama pada lukisan penyaliban gaya Bizantium. Dalam karya seni abad pertengahan mengenai penyaliban Yesus, kita dapat menemukan simbol-simbol yang sama, walaupun tidak serupa. Seperti ini misalnya:
 Image result for penyaliban byzantineImage result for penyaliban byzantine
 Terlihat wajar bukan? Dengan ini kita nyatakan kasus ditutup.

Kasus kedua
Image result for ufo la tebaide

Objek berbentuk piring terbang yang berada di sebelah kanan bawah salib terlihat seperti terbang dengan kepulan asap di belakangnya. Mari kita lihat lukisan tersebut secara utuh.

 
Lukisan ini berjudul "Scene di vita emeritica" atau "La Tebaide" oleh Paulo Uccello. Lukisan ini menggambarkan kehidupan biara katolik abad pertengahan. Sedangkan lukisan dengan piring terbang di atas adalah hasil reproduksi dari lukisan ini, sehingga warna yang ditampilkan tidak akurat. Jika kita mengambil potongan yang sama dari lukisan asli, maka kita akan mendapat hasil seperti ini:



Sekarang apakah objek tersebut masih nampak seperti sebuah piring terbang? Saya rasa tidak, objek tersebut lebih mirip sebuah topi, lebih tepatnya topi kardinal. Dan lukisan tersebut menggambarkan St. Jerome yang sedang bersujud menghadap salib, yang mana lambang tersebut biasa menyertai lukisan St. Jerome yang menanggalkan jabatannya dalam gereja dan memilih untuk menjadi pertapa. Berikut contoh lainnya

Sudah jelas bukan bahwa objek tersebut bukanlah sebuah piring terbang seperti yang ramai diisukan.
Kita perlu berpikir kritis dalam menyikapi hal-hal yang berbau misteri. Terima kasih.

0 comments:

Post a Comment